Pj Sekda Luwu Utara, Pastikan Harga Pangan Masih Terkendali Jelang Idul Adha

Luwu Utara, Wijatoluwu.com – Jelang Hari Raya Idul Adha Tahun 2024/1445 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam hal ini Pj. Sekertaris Daerah Ir Baharuddin Nurdin, M.M besama dengan Kadis P2KUKM Melakukan peninjauan harga komoditas pangan.

Giat tersebut berlangsung di Pasar Sentral Masamba Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, Jum’at (14/06/2024).

IKLAN

Pemantauan harga komoditas pangan ini dilakukan mulai dari hari rabu hingga Jumat, tanggal 12-14 Juni 2024 dibeberapa pasar yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

Dari hasil pantauan secara umum harga kebutuhan pokok menjelang Idul Adha relatif stabil.

“Kenaikan hanya terjadi pada komoditas cabe merah saja dengan harga 60.000 dari harga normal sebelumnya 35.000 dan adapun komuditas yang lain masi stabil aman.” ujar Baharuddin Nurdin

Pantauan harga kebutuhan pokok yang dilakukannya bertujuan untuk memastikan stabilitas harga dan stok berbagai kebutuhan pokok di pasar tradisional jelang hari raya Idul Adha 1445 H dalam keadaan stabil dan aman bagi masyarakat.

“Untuk harga daging sapi stabil, demikian juga beras. Jadi semua masih terkendali dan normal. Hanya harga cabe yang masih belum stabil, saya pikir ini tidak hanya terjadi di Luwu Utara tetapi juga di kota-kota lainnya,” tambahnya

Untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok, Kepala Dinas P2KUKM Adjie Saputra
menyatakan akan mengambil langkah yang secara instan yaitu dengan melakukan pemantauan intensif dengan para pelaku usaha.

“Kami telah melakukan pemantauan intensif serta terus berkoordinasi dengan para pelaku usaha untuk memastikan ketersediaan bahan pangan yang cukup dengan harga yang tetap terkendali,” kata Adjie

Pihaknya juga akan berupaya berkoordinasi dengan para pelaku usaha sebagai penghasil pangan agar bisa memfasilitasi pemasokan komoditas tersebut.

“Dengan hasil dari pemantauan intensif yang kami lakukan ini mudah-mudahan pasokan yang ada bisa memenuhi kebutuhan yang banyak sehingga harganya bisa dapat ditekan,” tandasnya

Kadisperindag UMKM terus melakukan monitoring di sejumlah lokasi pasar tradisional yang ada di Kabupaten Luwu Utara. Seperti Pasar Sabbang, Pasar Sukamaju, Bone-Bone dan Pasar tradisional Masamba.

“Kami terus monitoring dan diharapkan dengan adanya stabilitas harga ini, masyarakat dapat merayakan Idul Adha nantinya dengan tenang tanpa khawatir adanya lonjakan harga pangan yang drastis,” kuncinya

Turut hadir dalam giat peninjauan harga komoditas pangan, Pj Sekda Ir Baharuddin Nurdin, Kadis P2KUKM Adjie Saputra, Kabid Pengendalian Barang Pokok dan Penting (Bapokting) Sitti Hadijah,S.Sos, Perwakilan Polres Luwu Utara, Ka UPT Pasar Sentral Masamba, Kabid Sarana dan Pelaku Distribusi.