Luwu  

Wujud Crime Prevention, Polres Luwu Gelar Patroli Gabungan

Luwu, Wijatoluwu.com — Personil Polres Luwu bersama TNI dan Satpol PP melaksanakan patroli gabungan dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Luwu, Sabtu Malam (21/01/2023).

Sebelum memulai kegiatan patroli, terlebih dahulu para personel melaksanakan apel pengecekan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil serta sarana pendukung dan juga kendaraan dinas yang nantinya akan mereka gunakan pada saat pelaksanaan patroli.

IKLAN

Pelaksanaan patroli tersebut nampak dilakukan dengan cara menyisir sepanjang jalur-jalur protokol maupun tempat-tempat yang dianggap rawan kriminalitas. Personil gabungan juga tampak sesekali melakukan strong point pada lokasi tertentu sambil dialogis dan melakukan pengamatan terhadap situasi lingkungan dan kelancaran arus lalu lintas.

Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan patroli gabungan ini dilakukan sebagai wujud  crime prevention dan dilakukan secara skala besar serentak bersama polsek jajaran Polres Luwu agar tidak terdapat ruang yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

“Sasaran patroli kita adalah untuk mencegah segala bentuk kriminalitas jalanan seperti pencurian, penjambretan, balapan liar, aksi pelemparan kendaraan, judi maupun minuman keras. Hal ini akan rutin kita laksanakan untuk memberikan pesan kepada pelaku kriminalitas agar jangan coba-coba melakukan aksinya, kita akan tindak tegas,” ungkap AKBP Arisandi.

Dalam kesempatan patroli gabungan tersebut, Kabag Ops Polres Luwu Kompol Andi Syamsilifu juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan sinergitas dari Kodim 1403 Sawerigading dan Satpol PP Kabupaten Luwu yang telah turut membantu memberikan perkuatan dalam kegiatan patroli tersebut.

‚ÄúSinergitas seperti ini juga sangat penting kita lakukan disamping sebagai bentuk perkuatan, juga sebagai perwujudan kekompakan kita semua dalam rangka upaya bersama-sama mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Luwu,” Ucapnya

Diketahui Selain mencegah terjadinya aksi kriminalitas, tujuan patroli gabungan ini tentunya juga untuk memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat yang masih melaksanakan aktivitasnya di malam minggu, seperti warung, cafe, rumah makan, maupun mobilitas masyarakat di jalan. Harapannya adalah tidak ada masyarakat yang menjadi korban ataupun menjadi pelaku kejahatan.